SELAMAT DATANG DI PAPAN BIMBINGAN ONLINE SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Minggu, 01 Maret 2009

Diskusi dan Menyampaikan Pendapat yang Benar (bagian 1)

Suatu kegiatan bertukar pikiran dapat disebut diskusi jika memenuhi syarat berikut: 1. Ada masalah yang dibicarakan 2. Ada seseorang yang bertindak sebagai pemimpin diskusi 3. Ada peserta sebagai anggota diskusi 4. Setiap anggota mengemukakan pendapatnya dengan teratur 5. Jika ada kesimpulan atau keputusan, hal itu disetujui anggota
Masalah untuk bahan diskusi tentunya dapat diperoleh melalui bacaan, baik buku, majalah, maupun berita-berita yang ada di surat kabar. Kita dapat membaca sumber-sumber informasi tersebut untuk diangkat menjadi bahan diskusi

Perhatikan contoh penggunaan bahasa dalam diskusi berikut!
1. Moderator (Pemandu) Selamat siang teman-teman. Perkenalkan kami dari Kelompok I akan mengajak teman-teman berdiskusi. Nama saya …, saya bertindak sebagai moderator. Ini teman saya … sebagai penyaji dan sebagai notulis adalah …. Teman-teman, marilah kita mulai diskusi tema ”Kekeringan di Kabupaten Wonogiri”. Pada kesempatan ini, penyaji akan membahas:
a. sebab-sebab kekeringan,
b. akibat kekeringan, dan
c. cara mengatasi kekeringan.

Teman-teman, marilah kita dengarkan uraian penyaji! Silakan Saudara Penyaji.

2. Penyaji Terima kasih Saudara Moderator. Teman-teman, di Kabupaten Wonogiri saat ini sedang terjadi kekeringan. Penyebabnya antara lain …. Akibat dari kekeringan itu …. Menurut kelompok kami, cara mengatasi kekeringan itu sebagai berikut. a. …. b. …. c. …. 3. Peserta Diskusi Saudara Moderator, terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Setelah mendengarkan uraian penyaji, saya berpendapat bahwa kekeringan tidak hanya diatasi dengan cara .... Menurut saya, kekeringan dapat diatasi dengan cara ....

Sumber asli: Klik Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar